PENGALAMAN KERJA DI PT HUTCHISON 3 INDONESIA DENGAN VENDOR PT.MITRACOMM EKASARANA SEBAGAI CUSTOMER SERVICE PROVIDER

 Hallo Hai….???

wah udah cukup lama ya ngga nulis di blog tersayangku ini..

Gengs aku mau berbagi pengalaman kerja lagi nih yang kukemas ditulisan BLOG ini.

Karena masih sana-sini kerja jadi jangan bosen-bosen ya untuk bergerak dan terus cari pengalman, eh kalau bisa menetap di tempat yang aman dan nyaman, kalua itu kalian piker worth it no problem guys tekuni, jalani, nikmati sambal upgrade diri dengan perbanyak ilmu dan lain-lain. Bersyukur banget untuk kalian yang sedari lulus kuliah udah langsung kerja ditempat yang branded pegawainya bagus, atau langsung dengan status tetap dan juga ada yang berstatus PNS,,eaaaa..selamat yaa…ku ulang kalian harus bersyukur.

Namun yang belum seperti yang kusebutkan di atas, kalian juga tidak kalah harus begitu bersyukurnya karena kita diharuskan memperbanyak usaha dan doa untuk mewujudkan itu semua, yakin aja kalua mereka yang menempati posisi di atas itu usaha dan doanya gak main-main, pastinya mereka  lebih giat, lebih banyak dan keras dibanding kita. Ayo kita tingkatkan lagi doa-doa kita, usaha yang harus lebih konsisten, karena konsisten itu susah gaes, butuh kedisiplinan dengan melawan bahkan memerangi diri sendiri untuk mengerjakan apa yang jadi prioritas dan tujuan kita.

Nahh di atas itu ngalor ngidul aku sebentar. Okee aku tulis ya pengalaman ku sesuai tipik kita kali ini.

Awal aku menjadi karyawan Mitracomm itu di tahun 2018 dari aplikasi Indeed. Di situ aku dapat panggilan interview by phone, interviewer meminta untuk aku diinterview menggunakan Bahasa Inggris gaes. -Jadi siap-siap ya buat kalian yang lagi atau mau coba di Mitracomm bisa banget buat belajar atau persiapan dulu conversation ya ya-.Nah karena domisili ku di Banten, dan pada saat interview udah diinfokan untuk penempatan di Banten, setelah itu dapat 3 hari kemudian aku  dapat perintah by phone untuk datang langsung ke kantor 3 di Banten untuk ikuti wawancara dengan USER cabangnya tersebut (SPV CS) nya, kira-kira ada 4 orang yang ikuti interview hari itu, namun s eperti biasa ditahap ini senormalnya wawancara dengan memperkenalkan diri dan sedikit tanya jawab dan menginfokan jobdesk jika saya diterima dikantor tersebut.

Kabar baiknya datang 2 hari kemudian, entah karena lagi butuh banget atau rezeki aku, TOK ttd kontrak dengan orang Mitracomm dan disaksikan oleh SPV Cabang kantor 3 tersebut, di konytrak tercantum OJT 3 Bulan, lanjut kontrak 6 bulan, dan seiring berjalannya waktu lanjut kontrak 1 tahun. Di tanggal 12 April 2018 itu sampai dengan 31 Desember 2020  aku masih ingat banget gaes perjalananku sebagai karyawan Mitracomm yang ditugaskan di kantor 3 Banten sebagai Customer Service Provider sampai akhir.

Sebagai CS Provider kita dituntut untuk memiliki ingatan yang luar biasa, karena awalanya aku seorang Teller jadi ya lumayan lah ya skill berhadap dengan customer sudah lumayan oke dengan mental bagus.

Kalau kalian berminat mengisi posisi CS ada baiknya kalian harus tahu ini ya, sebetunya hampir sama dengan CS lain, namun ada beberapa poin yang dibutuhkan untuk mendukung kinerja CS Provider, aku tulis di bawah ini ya:,

a)      Memiliki ingatan yang luarbiasa (bisa dilatih, bukan bakat atau bawaan dari lahir) eike amat mengalami, bukan orang yang punya ingatan bagus tapi dengan usaha selalu menulis apa yang harus dikerjakan malam atau besok melalui  sticky notes atau media apapun itu.

b)      Karena pekerjaannya handle customer yang punya kendala atau membutuhkan informasi jadi, tuntutan ingatan produk, harga, mekanisme atau prosedur harus sudah hatam dan familiar dikepala, tapi tenang di seminggu awal kerja aku juga nulis satu buku SIDU khusus untuk mencatat tutorial system kerja dan informasi produk., jadi yang harus dibawa pada saat kerja wal itu pena dan buku dan cekatan untuk nulis setiap poin penting dan wajibnya ya.

c)      Punya mental BAJA, kenapa? Karena yang dihadapi bukan orang yang itu-itu aja, tapi random dan berbagai macam watak customer kita hadapi, terkadang ketika menghadapi customer yang tidak mengerti atau tidak mengikuti procedural layanan mereka akan emosi, nahh di situ deh kemampuan softskill kita dibtuhkan, bagaimana seni kita bisa meredam emosi si customer dengan menjelaskan SOP layanan  bla,bla,bla dengan tetap tersenyum dan penekanan sopan dan tegas.

d)      Punya target tinggi. Bukan hanya melayanai kendaa namun CS di provider harus punya target tinggi karena melayani dan menawarkan apalagi sampai deal dengan pembelian kartu atau pembelian kuota dan pulsa akan menjadi nilai 234 plus di KPI kinerja CS.

e)      KPI adalah Key Performa Indicator Nilai kita selama menjadi CS disitu banyak poin penilaian, dari mulai absensi, kedisiplinan, rating pelayanan, 234 service (yang poin sebelumnya aku jelaskan), tingkat kesulitan customer, dll pokoknya itu rapor kita sebagai CS. Nah kabar baiknya kalua KPI kita tinggi, dapat bonus dari kantor, alhamdulillah mau nyombong nih nyempil aku selalu dapat KPI tertinggi di kantor cabang itu dan pernah menjaid posisi prtama di wilayah JABODETABEKSER hingga aku dapat Handphone dan sepatu ONITSUKA TIGER MEXICO,hehe,,lumayan lah yaa

f)       Jam kerja CS Provider 3 itu 2 shift, tapi karena layanan 3 bukan hanya instore saja, namun juga ada outer by Mall. Jadi kalua kalian dapat penugasan di Mall misalnya itu ikut jam operasional Mall layanan 3 nya. Kantorku masuk ke instore jadi punya Gedung sendiri untuk pelayanannya dengan jam kerja SENIN-MINGGU (libur request weekday atau weekend bergantian dengan rekan kerja) untuk jam kerjanya aku dulu itu 09.00 sd 16.30 SHIFT Pagi, dan 11.30 sd 19.00 SHIFT Siang.

Nahh itu dia poinnya, sekarang aku udah move kerja di salah satu universitas swasta di Banten gess, doakan ya, mudah-mudahan disini aku lebih open mind, berkembang dan bisa bermanfaat untuk sesama, karena sebaik baiknya kehadiran kita, yang bermanfaat untuk orang lain dan berkembang untuk diri kita sendiri.

Pamit undur diri, bye, sampai jumpa ditulisanku berikutnya yaaa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman tes vendor PKSS BRI

Pengalaman Selama Jadi Teller di ACC