PENGALAMAN KERJA DI PT HUTCHISON 3 INDONESIA DENGAN VENDOR PT.MITRACOMM EKASARANA SEBAGAI CUSTOMER SERVICE PROVIDER
Hallo Hai….???
wah
udah cukup lama ya ngga nulis di blog tersayangku ini..
Gengs
aku mau berbagi pengalaman kerja lagi nih yang kukemas ditulisan BLOG ini.
Karena
masih sana-sini kerja jadi jangan bosen-bosen ya untuk bergerak dan terus cari
pengalman, eh kalau bisa menetap di tempat yang aman dan nyaman, kalua itu
kalian piker worth it no problem guys tekuni, jalani, nikmati sambal upgrade
diri dengan perbanyak ilmu dan lain-lain. Bersyukur banget untuk kalian yang
sedari lulus kuliah udah langsung kerja ditempat yang branded pegawainya bagus,
atau langsung dengan status tetap dan juga ada yang berstatus
PNS,,eaaaa..selamat yaa…ku ulang kalian harus bersyukur.
Namun
yang belum seperti yang kusebutkan di atas, kalian juga tidak kalah harus
begitu bersyukurnya karena kita diharuskan memperbanyak usaha dan doa untuk
mewujudkan itu semua, yakin aja kalua mereka yang menempati posisi di atas itu
usaha dan doanya gak main-main, pastinya mereka
lebih giat, lebih banyak dan keras dibanding kita. Ayo kita tingkatkan
lagi doa-doa kita, usaha yang harus lebih konsisten, karena konsisten itu susah
gaes, butuh kedisiplinan dengan melawan bahkan memerangi diri sendiri untuk
mengerjakan apa yang jadi prioritas dan tujuan kita.
Nahh
di atas itu ngalor ngidul aku sebentar. Okee aku tulis ya pengalaman ku sesuai
tipik kita kali ini.
Awal
aku menjadi karyawan Mitracomm itu di tahun 2018 dari aplikasi Indeed. Di situ
aku dapat panggilan interview by phone, interviewer meminta untuk aku diinterview
menggunakan Bahasa Inggris gaes. -Jadi siap-siap ya buat kalian yang lagi atau
mau coba di Mitracomm bisa banget buat belajar atau persiapan dulu conversation
ya ya-.Nah karena domisili ku di Banten, dan pada saat interview udah
diinfokan untuk penempatan di Banten, setelah itu dapat 3 hari kemudian
aku dapat perintah by phone untuk datang
langsung ke kantor 3 di Banten untuk ikuti wawancara dengan USER cabangnya
tersebut (SPV CS) nya, kira-kira ada 4 orang yang ikuti interview hari itu,
namun s eperti biasa ditahap ini senormalnya wawancara dengan memperkenalkan
diri dan sedikit tanya jawab dan menginfokan jobdesk jika saya diterima
dikantor tersebut.
Kabar
baiknya datang 2 hari kemudian, entah karena lagi butuh banget atau rezeki aku,
TOK ttd kontrak dengan orang Mitracomm dan disaksikan oleh SPV Cabang kantor 3
tersebut, di konytrak tercantum OJT 3 Bulan, lanjut kontrak 6 bulan, dan
seiring berjalannya waktu lanjut kontrak 1 tahun. Di tanggal 12 April 2018 itu
sampai dengan 31 Desember 2020 aku masih
ingat banget gaes perjalananku sebagai karyawan Mitracomm yang ditugaskan di
kantor 3 Banten sebagai Customer Service Provider sampai akhir.
Sebagai
CS Provider kita dituntut untuk memiliki ingatan yang luar biasa, karena
awalanya aku seorang Teller jadi ya lumayan lah ya skill berhadap dengan
customer sudah lumayan oke dengan mental bagus.
Kalau
kalian berminat mengisi posisi CS ada baiknya kalian harus tahu ini ya, sebetunya
hampir sama dengan CS lain, namun ada beberapa poin yang dibutuhkan untuk
mendukung kinerja CS Provider, aku tulis di bawah ini ya:,
a) Memiliki
ingatan yang luarbiasa (bisa dilatih, bukan bakat atau bawaan dari lahir) eike
amat mengalami, bukan orang yang punya ingatan bagus tapi dengan usaha selalu
menulis apa yang harus dikerjakan malam atau besok melalui sticky notes atau media apapun itu.
b) Karena
pekerjaannya handle customer yang punya kendala atau membutuhkan informasi
jadi, tuntutan ingatan produk, harga, mekanisme atau prosedur harus sudah hatam
dan familiar dikepala, tapi tenang di seminggu awal kerja aku juga nulis satu
buku SIDU khusus untuk mencatat tutorial system kerja dan informasi produk.,
jadi yang harus dibawa pada saat kerja wal itu pena dan buku dan cekatan untuk
nulis setiap poin penting dan wajibnya ya.
c) Punya
mental BAJA, kenapa? Karena yang dihadapi bukan orang yang itu-itu aja, tapi
random dan berbagai macam watak customer kita hadapi, terkadang ketika
menghadapi customer yang tidak mengerti atau tidak mengikuti procedural layanan
mereka akan emosi, nahh di situ deh kemampuan softskill kita dibtuhkan,
bagaimana seni kita bisa meredam emosi si customer dengan menjelaskan SOP
layanan bla,bla,bla dengan tetap
tersenyum dan penekanan sopan dan tegas.
d) Punya
target tinggi. Bukan hanya melayanai kendaa namun CS di provider harus punya
target tinggi karena melayani dan menawarkan apalagi sampai deal dengan
pembelian kartu atau pembelian kuota dan pulsa akan menjadi nilai 234 plus di
KPI kinerja CS.
e) KPI
adalah Key Performa Indicator Nilai kita selama menjadi CS disitu banyak poin
penilaian, dari mulai absensi, kedisiplinan, rating pelayanan, 234 service
(yang poin sebelumnya aku jelaskan), tingkat kesulitan customer, dll pokoknya
itu rapor kita sebagai CS. Nah kabar baiknya kalua KPI kita tinggi, dapat bonus
dari kantor, alhamdulillah mau nyombong nih nyempil aku selalu dapat KPI
tertinggi di kantor cabang itu dan pernah menjaid posisi prtama di wilayah
JABODETABEKSER hingga aku dapat Handphone dan sepatu ONITSUKA TIGER
MEXICO,hehe,,lumayan lah yaa
f) Jam
kerja CS Provider 3 itu 2 shift, tapi karena layanan 3 bukan hanya instore
saja, namun juga ada outer by Mall. Jadi kalua kalian dapat penugasan di Mall
misalnya itu ikut jam operasional Mall layanan 3 nya. Kantorku masuk ke instore
jadi punya Gedung sendiri untuk pelayanannya dengan jam kerja SENIN-MINGGU
(libur request weekday atau weekend bergantian dengan rekan kerja) untuk jam
kerjanya aku dulu itu 09.00 sd 16.30 SHIFT Pagi, dan 11.30 sd 19.00 SHIFT Siang.
Nahh
itu dia poinnya, sekarang aku udah move kerja di salah satu universitas swasta
di Banten gess, doakan ya, mudah-mudahan disini aku lebih open mind, berkembang
dan bisa bermanfaat untuk sesama, karena sebaik baiknya kehadiran kita, yang
bermanfaat untuk orang lain dan berkembang untuk diri kita sendiri.
Pamit
undur diri, bye, sampai jumpa ditulisanku berikutnya yaaa.
Komentar
Posting Komentar