Pengalaman Interview Kerja

Iseng mau nulis sebagian pengalaman proses interview kerja setelah lulus kuliah, sebenernya macam – macam lngkah dari banyak sarjana. Sebagian langsung s2, sebagian masih senang hangout, sbgian udh buka usaha, sbgian pulang kampung bkerja dikmpung hlman, sbgian langsung masuk kerja diinstansi, dan sebagiannya lagi memilih bekerja diperusahaan swasta ( saya ) . Pilihan terakhir lah yg paling menarik untuk di tulis. Karena banyaknya pesaing sehingga proses rekruitmennya menjadi sengit. Menurut pengalaman ‘asikk’ dan banyak juga yang mengajak diskusi seputar rekruitmen kerja,, jadi ingin sedikit berbagi ke beranda tentang tahap interview yang merupakan rangkaian salah satu proses rekruitmen perusahan, karena dari banyak orang tidak sedikit yang gagal ditahap ini.
Tips interview kerja
*Mental baja: maksudnya sebelum kita interview usahakan rileks, jngan sampe kena penyakit dadakan yaitu demam panggung atau gerogi, karena dua penyakit ini memungkinkan ketika kamu sudah mempersiapkan alur pengenalan diri dll dalam proses interview tapi kamu gagal seketika ketika kamu tidak bisa mengendalikan diri karena gerogi. ( Kata anak sekarang si yg dipikiran apa keluar dari mulut apa),eits tapi ini bukan munafik melainkan si gerogi penyakit.
*Sopan santun : begitu kita datang dan bertemu dengen interviewer maka mereka akan langsung memperhatikan gerak gerik dari tubuh kita, dan tentu saja ini tidak boleh di sepelekan karena akan mempengaruhi penilaian dari sikap santun kita termasuk etika kita ketika sedang menjawab pertanyaan interviewer.
*Penampilan : Sebagian orang menyebut bahwa penampilan nomor sekian tapi bagi saya untuk meyakinkan bahwa kita pantas menduduki posisi suatu jabatan juga ditunjang dari penampilan ketika kita melalui proses interview juga, misalkan kerapihan berpakaian dan berdandan.
*Tata Bahasa dalam berbicara : Tata Bahasa dalam berbicara mungkin menjadi poin interviewer dalam melakukan penilaian pokoknya, karena ketika berbicara runtut, beralur dan mudah difahami ( tidak berbelit – belit ) maka Bahasa kita menggambarkan diri kita sejauh mana kemampuan kita berbicara dengan orang – orang baru.
***( kuncinya satu, biasakan membaca buku, karena dengan membaca pelan – pelan kita akan pandai mengolah kata ‘Bahasa’ )
Hal hal yang harus dipersiapkan :
*Usahakan sebelum datang ke tempat interview kita sudah mengcover tata Bahasa alur pengenalan diri kamu sendiri berikut dipersiapkan pengalaman berharga yang pernah kamu capai, dan kelebihan dan kekurangan diri, ( untuk kekurangan diri boleh jujur disebutkan apa tapi disertai solusi cara menyikapinya ). ( biar ga bingung sendiri diruang interview harus ngomong apa)
*Berdiri dan berjabat tangan adalah sikap awal santun ketika memasuki ruang interview.
*Ucapan selamat pagi atau siang sebagai pembuka
*Biasanya interviewer ada yang bertanya terlebih dahulu tentang kita ada juga yang meminta langsung pengenalan diri kita.
Kalau sudah pernah bekerja usahakan bisa menceritakan atau menggambarkan job desk posisinya, fresh graduated bisa dilengkapi dengan pengalaman berorganisasi dan pencapaian apa saja ketika didunia kampus
*Jangan terlalu kaku atau menganggap interview sebagai proses yang menakutkan, berusaha rileks dan mampu membaca karakter interviewer.
*Cari tahu profil perusahaan, biasanya beberapa interviewer mencoba bertanya tentang pengetahuan kita pada perusahaannya. Tak ketinggalan jika kita sudah tau posisi yang dibutukan apa maka Cari tahu gambaran job desknya apa, biasanya interviewer menanyakan solusi jika ada permasalahan di job desk.
*Apapun yang ditanyakan oleh interviewer jangan menjawab dengan mimik muka ragu atau terbata – bata
*Ketika gagal interview dan tidak ada kontak lagi dari perusahaan maka kita introspeksi diri apa yang menurut kita kurang ketika kemarin melakukan interview, tata Bahasa atau pengetahuan kita ketika ditanya beberapa pertanyaan yang belum bisa kita jawab dengan sempurna. Dicoba lagi selanjutnya sampai kita sukses masuk dunia kerja. Jangan putus asa atau mungkin rezeki kita bukan pekerja tapi menjadi pengusaha,,aamiin ya allah
Nb : Terakhir mudah – mudahan ga ada yang namanya titip titipan peserta interview, karena kalo udah titip titipan , mereka mengambil hak yang mungkin sebenarnya bukan hak si ( yang dititpkan ),,,heheh…slamat berjuang😉😉

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman tes vendor PKSS BRI

Pengalaman Selama Jadi Teller di ACC

PENGALAMAN KERJA DI PT HUTCHISON 3 INDONESIA DENGAN VENDOR PT.MITRACOMM EKASARANA SEBAGAI CUSTOMER SERVICE PROVIDER